cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN
ISSN : 25484621     EISSN : 25484648     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017" : 20 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 7 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Fauzi, Salis; Budiarti, Yesi
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.002 KB)

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of the use of cooperative learning type talking stick to the learning outcomes Integrated Social Science students of class VII SMP Negeri 7 Metro. The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 7 Metro totaling 223 students. Sampling using purposive sampling techniques with the sample is VII E class of 32 students as an experimental class, and as many as 31 students of class VIII F as the control class. The research data using observation data collection, interviews and documentation. To test the hypothesis used formula of Simple Linear Regression. From the analysis of survey data obtained Thitung = 5,24 dengan Ttabel = 1,70 therefore Thitung ≥ Ttabel. This means a simple linear regression hypothesis is real or acceptable. Thus showing that there is a positive influence Use of Cooperative Learning Model Talking Stick Type to IPS Integrated Learning Outcomes students of class VII SMP Negeri 7 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model cooprative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Metro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Metro yang berjumlah 223 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan sampel kelas VII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII F sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi Linier Sederhana. Dari analisis data hasil penelitian didapatkan Thitung = 5,24 dengan Ttabel = 1,70 dengan demikian Thitung ≥ Ttabel. Ini berarti regresi linear sederhana bersifat nyata atau hipotesisnya diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Metro.
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS Salam, Rudi
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.619 KB)

Abstract

Learning is successful when students are able to understand what they have learned. Before the teacher carries out the lesson, the teacher should plan the learning activities. One of them, the teacher must determine the appropriate learning model. Choosing the right learning model can make it easier for students to understand the subject matter. Learning social inquiry model can be developed by the teacher to proceed optimally and become an alternative IPS learning model that students are interested in. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa mampu memahami apa yang telah dipelajarinya. Sebelum guru melaksanakan pembelajaran, guru harus menyusun rencana kegiatan pembelajaran. Salah satunya, guru harus menentukan model pembelajaran yang tepat. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Model pembelajaran inkuiri sosial dapat dikembangkan oleh pihak guru agar berjalan secara optimal dan menjadi alternatif model pembelajaran IPS yang diminati siswa.
STRATEGI PEMBELAJARAN PKn SEBAGAI SARANA PEMBENTUK KARAKTER SISWA SD DALAM MENCINTAI NEGARANYA MELALUI MATERI MENJAGA KEUTUHAN NEGARA INDONESIA ., Intriyah
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.278 KB)

Abstract

Indonesia is a unitary State in the form of a Republic. A unitary State is a State in which there is only one Government. The powers of Government are in the hands of the Central Government. NKRI is the country whose territory stretched between the towns of Sabang in the West of Indonesia and the city of Merauke in eastern Indonesia. In order to be a strong nationalism soul formed in students, especially starting from the Elementary School students in the learning process is very necessary emphasized the importance of the love of the homeland and to be realized in everyday life. Subjects PKn is subjects to form citizens with a smart, skilled, and character, a loyal to the nation and State of Indonesia with mandate of Pancasila and UUD 1945. Through lessons PKn is expected to realize the students who love the homeland, able to develop a personality that is participatory, accountable and so will manifest a democratic Indonesia community and loved his homeland and not easily broken crockery. Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik. Negara Kesatuan adalah Negara yang di dalamnya hanya ada satu kekuasaan pemerintahan. Kekuasaan pemerintahan itu ada di tangan pemerintah pusat. NKRI adalah Negara yang wilayahnya membentang antara Kota Sabang di sebelah barat Indonesia dan Kota Merauke di sebelah timur Indonesia. Agar terbentuk jiwa nasionalisme yang kuat pada diri siswa, khususnya mulai dari siswa SD maka dalam proses pembelajaran sangat perlu ditekankan pentingnya cinta tanah air dan agar diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter, setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan Amanat Pancasila dan UUD 1945. Melalui pelajaran PKn diharapkan dapat mewujudkan siswa yang cinta tanah air, mampu mengembangkan kepribadian yang partisipatif, bertanggung jawab sehingga akan terwujud masyarakat Indonesia yang demokratis dan lebih mencintai tanah airnya serta tidak mudah dipecah belah.
PENINGKATAN KOMPETENSI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DEGAYU 02 KOTA PEKALONGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 ., Siswanto
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.246 KB)

Abstract

The purpose of this research was to improve the learning process, increased competence, and change the behavior of students who use cooperative learning approach with engineering arisan reserved serial. The study used is the class action Research (PTK) or classroom action research with two cycles of learning. The results showed the existence of an active process of learning, fun and creative, increased competencies and behaviours of students. These can be seen from the increase in value of pre-season test cycle, a cycle I and cycle II. The results of the evaluation cycle I students who hadn't KKM i.e. 13 children or 36.11%. The results of the evaluation cycle II students who hadn't KKM i.e. 0 or 0%. The results of the evaluation cycle I students who have already finished the KKM i.e. 23 children or 63.88%. The results of the evaluation cycle II all students already thoroughly KKM i.e. 36 or 100% completely KKM. So the results of this research can enhance the competencies and behaviours of students. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran,  peningkatan kompetensi, dan perubahan perilaku  siswa yang menggunakan pendekatan  cooperative learning  dengan teknik arisan soal berantai. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan 2 siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan,  peningkatan kompetensi dan perilaku siswa. Peningkatan tersebut dapat  dilihat dari nilai tes pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil evaluasi siklus I siswa yang belum tuntas KKM yaitu 13 anak atau 36,11%. Hasil evaluasi siklus II siswa yang belum tuntas KKM yaitu 0 anak atau 0%. Hasil evaluasi siklus I siswa yang sudah tuntas KKM yaitu 23 anak atau 63,88%. Hasil evaluasi siklus II semua siswa  sudah tuntas KKM yaitu 36 anak atau 100% tuntas KKM. Jadi hasil penelitian ini dapat meningkatkan kompetensi dan perilaku siswa yang lebih baik.
UPAYA MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI TENTANG PELAKU KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DECISION MAKING BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEKALONGAN ., Setiyani
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.244 KB)

Abstract

This research aims to improve the learning results of the IPS and the liveliness of the students in teaching and learning activities using the learning model of Decision Making. The analysis of the data used is the comparative descriptive. Results of the study showed an increase in the results of the study and the liveliness of the students as well as performance capabilities. Based on the initial conditions to the end result I cycle action learning there is a pretty good peningkata i.e. 12.86%., whereas in cycle II nearly 5%. For the liveliness of the students there is quite a good development of the cycle I to cycle II i.e. 29.46, and peningkatanya performance ability of 26.80% from cycle I to cycle II. Based on the results of the study above shows a model of Decision Making is very suitable to be applied to the study of IPS. In addition by IPS teacher Decision Making model would be motivated to provide more creative examples of concrete through the image or discourse or with illustration. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Decision Making. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa serta kemampuan unjuk kerja. Dari kondisi awal ke akhir tindakan siklus I hasil belajar ada peningkata yang cukup baik yaitu 12,86%., sedangkan di siklus II peningkatannya 5%. Untuk keaktifan siswa ada perkembangan cukup baik dari siklus I ke siklus II yaitu 29,46%, dan kemampuan unjuk kerja peningkatanya sebesar 26,80% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan model Decision Making sangat cocok untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Selain itu dengan model Decision Making guru IPS akan termotivasi untuk lebih kreatif memberikan contoh-contoh konkret melalui gambar atau wacana ataupun dengan ilustrasi.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KD ATMOSFER HIDROSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN DENGAN YEL-YEL ., Widiyati
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.605 KB)

Abstract

Mind map is a way to express things well thought through a note that describes the relationships between words, color, and images so that the material can be understood and remembered. The research method used was the research action class (classroom action research), research design used was the model of Kemmis and Mc Taggart, which includes four steps, namely planning, action, observation, and reflection. Results of the study showed that the use of model learning mind map with “yell-yell” at KD the atmosphere hydrosphere can increase the activity and results of the learning learners classes VII-C SMP Negeri Purworejo years lessons 2013/2014. Peta pikiran merupakan suatu cara untuk mengungkapkan hal yang dipikirkan melalui suatu catatan yang menggambarkan hubungan antar kata, warna, dan gambar sehingga materi dapat dipahami dan diingat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart, yang mencakup empat langkah yaitu perencanaan (planning), aksi (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan model pembelajaran peta pikiran dengan yel-yel pada KD atmosfer hidrosfer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII-C SMP Negeri Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.
FENOMENA ROB SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS Mulianingsih, Ferani
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.944 KB)

Abstract

The use of rob flood learning resources in the learning activities can make the students become more active and motivated in following the learning, but the need for more control of the teacher because at the time of the learning activities took place some students discuss outside the learning materials. The utilization of Rob Flood learning resources can have a positive impact on student competence (understanding, attitude and skills) of students. This is because the students are faced with real object of study, so that the material mismatch can be simplified by the learning source, the broad environmental learning source can represent what the teacher is unable to say through certain words, even the material abilities can be concretized by the presence of the source Learning it. Penggunaan banjir rob sebagai sumber dalam kegiatan pembelajaran dapat membuat para siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran, tetapi membutuhkan lebih banyak control dari guru, karena kegiatan pembelajaran berada di luar kelas. Pemanfaatan sumber belajar banjir Rob dapat memiliki dampak positif pada kompetensi siswa (pemahaman, sikap dan keterampilan). Hal ini karena siswa dihadapkan pada proses pembelajaran dengan objek nyata, sehingga ketimpangan materi dapat disederhanakan dengan sumber pembelajaran, sumber pembelajaran lingkungan yang luas dapat mewakili materi yang tidak dapat disampaikan hanya dengan menggunakan kalimat atau deskripsi dari guru. Melalui sumber belajar ini materi tentang banjir rob dapat disampaikan secara lebih konkret.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DAN TIME TOKEN (KELAS VIII A SMP NEGERI 3 PEKALONGAN) ., Masykur
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.109 KB)

Abstract

This study aims to improve learning outcomes and student motivation through collaborative learning model Student Achievement Division Team and Time Token. Based on the research results can be concluded after the learning model implemented behavioral changes learned from the aspect of liveliness, spirit, creative, independent and responsibilities which to measure the increase motivation to learn as well as an increase learning outcomes characterized by changes in the average value of student learning outcomes. Results Cycle 1 scored an average of 78.17 but the thoroughness of a new class achieving 75% and cycle 2 obtain the average value of 83.83 with 86.11% grade completeness. This shows an increase in the average value of the initial conditions to cycle 1 at 7.14 and from cycle 1 to cycle 2 of 5.67 and has achieved mastery class. Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar, dan motivasi siswa melalui kolaborasi model pembelajaran Student Team Achievement Division dan Time Token. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan setelah dilaksanakan model pembelajaran tersebut terjadi perubahan perilaku belajar dari aspek keaktifan, semangat, kreatif, mandiri dan tanggungjawab yang menjadi ukuran peningkatan motivasi belajar serta terjadi peningkatan hasil belajar yang ditandai dengan terjadinya perubahan nilai rata-rata hasil belajar siswa. Hasil siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 78,17 tetapi ketuntasan kelas baru mencapai 75% dan siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 83,83 dengan ketuntasan kelas 86,11%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata nilai dari kondisi awal ke siklus 1sebesar 7,14 dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,67 dan telah tercapai ketuntasan kelas.
DREAM TO BE REAL: DISKURSUS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP KEBON DALEM SEMARANG Suharso, R.
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.656 KB)

Abstract

The purpose of this research was to describe the implementation of the IPS who have the charge of the learning character education as well as analyze the obstacles teachers in doing the internalization of character education in social science learning. The research method used was qualitative design case studies, and research is conducted at the SMP Kebon Dalem Semarang. While the data analysis techniques with an analysis of the interaction. The results of the research implementation learning IPS SMP Kebon Dalem Semarang with the use of the syllabus and the RPP, the material being taught has loads of character include tolerance, patriotism, nationalism, and responsible, curiosity. Internalization of character education using a system running class, the primary purpose of learning used in religious life develops IPS that is faithful to God through mentoring education of conscience by teaching character tolerance. Constraints faced by teachers: looking for a teaching material limitations have the charge character education, parents perceptions about character of students in schools is the right solution in shaping the character of students. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah yang memiliki muatan pendidikan karakter serta menganalisis kendala guru dalam melakukan internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS Sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif desain studi kasus, dan penelitian ini dilaksanakan di SMP Kebon Dalem Semarang. Sedangkan teknik analisis data dengan analisis interaksi. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah SMP Kebon Dalem dengan penggunaan Silabus dan RPP, materi yang diajarkan memiliki muatan karakter meliputi toleransi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan bertanggung jawab, rasa ingin tahu. Internalisasi pendidikan karakter dengan menggunakan sistem running class, tujuan utama yang digunakan dalam pembelajaran IPS Sejarah mengembangkan kehidupan religius yaitu beriman kepada Allah melalui pendampingan pendidikan hati nurani dengan mengajarkan karakter toleransi. Kendala yang dihadapi guru: keterbatasan mencari materi ajar yang memiliki muatan pendidikan karakter, persepsi orang tua mengenai pendidikan karakter disekolah adalah solusi yang tepat dalam membentuk karakter anak.
PENINGKATAN KOMPETENSI OTONOMI DAERAH DENGAN MODEL WORDSQUARE PADA PESERTA DIDIK KELAS IX D SMP NEGERI 7 PEKALONGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017 ., Sukartini
Harmony Vol 2 No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi IPS Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.08 KB)

Abstract

This research aims to improve the competence of Regional Autonomy with a wordsquare model. This research is a Research Action class that consists of two cycles, each cycle consists of four stages. Learning with wordsquare model on subjects PKn competence of Regional Autonomy can enhance the learning process more active and conducive. On the cognitive aspects of learning, improving results from the average 76.18 with completeness 70.58% on sikus I became 82.21 with completeness 88.23% in cycle II. Wordsquare learning models can also cause a change in behavior toward more positive. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Otonomi Daerah dengan model wordsquare. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap. Pembelajaran dengan model wordsquare pada mata pelajaran PKn kompetensi   Otonomi Daerah dapat meningkatkan proses pembelajaran lebih aktif dan kondusif. Pada aspek kognitif, meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 76,18 dengan ketuntasan 70,58% pada sikus I menjadi 82,21 dengan ketuntasan 88,23% pada siklus II. Model pembelajaran wordsquare juga dapat menyebabkan perubahan perilaku ke arah yang lebih positif.

Page 1 of 2 | Total Record : 20